5 Manfaat buah Pete untuk Kesehatan Tubuh

Petai atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut "petai" juga sangat lezat dikonsumsi ketika masih muda dan segar, mungkin bagi sebagian kalangan yang tidak suka dengan aroma petai tersebut tidak ada salahnya hanya untuk sekedar informasi atau sebuah penelitian tentang manfaat dan beberapa jenis tanaman yang tumbuh di negara tercinta ini.
Mungkin banyak sekali yang membenci buah yang satu ini karena aromanya yang tidak sedap buat sebagian kalangan pembenci pete ini. Buah ini memiliki bentuk bulat pipih dengan warna hijaunya yang khas. Selain itu, bijinya yang berada di dalam bentuk papan-papan juga menambah keunikan buah yang bau ini.
Namun meskipun petai banyak dijauhi dan dihindari oleh banyak orang karena baunya yang tidak sedap, namun petai ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi,dan juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Buah pete juga kaya akan kandungan vitamin A dan Vitamin C

Berikut akan saya kupas tuntas manfaat yang ada di dalam buah pete tersebut :

1.Dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Buah pete dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi sendiri dapat disebabkan oleh banyak faktor:
  • Mudah marah dan cepat gampang sekaliemosi/naik darah
  • Mudah lelah, gampang lemas dan mencegah rasa malas
  • Meningkatkan resiko terserang penyakit kronis, seperti jantung dan penyakit sejenisnya yang dapat membahayakan kondisi kesehatan.
2.Dapat meredakan depresi

kandungan zat tryptophan yang terkandung dalam petai merupakan faktor yang menyebabkan redanya depresi pada seseorang. Berikut ini adalah efek dari tryptophan yang terkandung pada pete :
  • Dapat memperbaiki mood dan dapat mencegah kondisi emosi seseorang
  • Dapat membuat tubuh terasa lebih bahagia dan merasakan adanya semangat di dalam tubuh
  • Dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks
3.Dapat mencegah terjadinya anemia

Hal ini disebabkan oleh kandungan manfaat zat besi tinggi yang terkandung dalam buah pete ini dan penyakit anemia sendiri dapat berakibat:
  • Hilangnya konsentrasi saat melakukan aktifitas
  • Mudah pusing dan mual-mual
  • sangat mudah terserang penyakit ringan
  • Tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan optimal
4.Mencegah terjadinya kegemukan dan mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh
  • Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan kegemukan adalah faktor stress, depresi dan tekanan. Dengan mengkonsumsi pete, dapat mengurangi faktor resiko tersebut, sehingga akan terhindar dari kegemukan.dan mengurangi resiko penyakit struk juga serangan jantung yang di akibatkan oleh tekanan darah yang tinggi.
5.Mengandung antioksidan
  • Buah atau biji petai ini juga merupakan salah satu yang memiliki manfaat antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi ini dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.
Demikianlah 5 manfaat buah pete untuk kesehatan tubuh kita, semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan keluarga para pecinta masakan nusantara ini, semoga artikel ini bisa membantu.

0 Response to "5 Manfaat buah Pete untuk Kesehatan Tubuh"