Fungsi otak kanan untuk meningkatkan daya ingat

Meskipun otak kanan (non-verbal), pemikirannya sering dianggap sebagai lebih kreatif, tidak ada benar atau salah di sini, itu hanya dua cara berpikir yang berbeda. Satu tidak lebih baik daripada yang lain. Yang penting adalah menyadari bahwa ada cara berpikir yang berbeda, mengetahui apa preferensi alamiah anda, dan jika hal itu sangat verbal (otak kiri) daripada visual (otak kanan). Anda perlu terbuka untuk mencoba pendekatan baru diluar dominan otak anda, sehingga melibatkan kedua fungsi pada sisi kedua otak anda.

tidak di pungkiri peran dan fungsi otak kanan sangat bagus dalam hal kreativitas,
intuisi
penemuan ide dan inspirasi baru
Imaginasi dan pemikiran baru. Namun, bukan berarti otak kanan lebih penting dari pada fungsi otak yang kiri, ataupun sebaliknya.
Hal yang perlu kita ingat bahwa hasil otak kanan untuk menjadi yang sepertinya ide brilian, kreatif, imaginasi, inspirasi, perlu ditindaklanjuti oleh pemikiran otak kiri yang sangat kritis di banding dengan otak kanan, bukan sekedar hanya berpikir biasa seperti anda berpikir sehari-hari, sehingga menghasilkan karya yang gemilang.

Sangat sulit untuk di bedakan sehingga keduanya sangat penting, karena itu keduanya harus di kembangkan secara seimbang agar fungsi masing-masing otak kiri dan kanan dapat berjalan seimbang dan saling menguatkan. Jika kita hanya terfokus pada salah satu otak saja, maka sisi otak yang kurang berkembang akan terhambat dan tidak akan seimbang dalam menjalankan fungsinya. Pemikiran secara individual seseorang akan menjadi miskin kreativitas bila ia lebih banyak dirangsang untuk menggunakan belahan otak kirinya saja, tetapi seseorang tidak dapat dikatakan kreatif saat dia menggunakan otak kanan saja karena suatu otak yang dikatakan kreatif karena dilakukan atau dieksekusi, dimana hal ini dilakukan oleh otak kiri.
Sebaliknya jika fungsi belahan otak kanannya yang “katanya” lebih kerap digunakan secara dominan maka tidak ada tindakan atau action seperti yang telah disebutkan diatas tadi dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi masalahnya bukan pada otak kanan saja atau otak kiri yang lebih hebat. Tapi bagi mereka yang dominan otak kiri, agar mengaktifkan juga belahan otak kanan dalam bekerja, berpikir atau beraktifitas, demikian juga sebaliknya. Lebih detail nya adalah apabila fungsi belahan otak yang lebih lemah dilibatkan untuk bekerja secara bersamaan dengan belahan otak yang sudah aktif, maka akan tercipta kemampuan dan efektifitas otak yang 5 hingga 10 kali lebih tinggi dari sebelumnya.
Maka dari itu, kedua fungsi otak harus seimbang dan selalu membiasakan berfikir pada fungsi dan peran otak masing-masing.
Tapi apapun yang kita rasakan, semuanya kita serahkan kepada sang pencipta untuk selalu berfikir dan menjalani sisi kehidupan yang kita rasakan. Insa Allah.. jika dengan selalu berfikir baik dengan di dasari rasa semangat yang tinggi, semua akan berjalan sesuai yang di harapkan.
Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Fungsi otak kanan untuk meningkatkan daya ingat"