Daun dadap untuk demam anak


Manfaat daun dadap

Sebelumnya saya sudah membahas 5 manfaat buah pete untuk kesehatan tubuh, dan di artikel ini saya akan kupas habis tentang manfaat daun dadap bagi kesehatan.
Daun dadap kerap dipakai sebagai pohon peneduh di kebun-kebun kopi dan kakao, atau pohon rambatan bagi tanaman lada, sirih, panili, atau umbi gadung. Juga baik digunakan sebagai tiang-tiang pagar hidup. Di wilayah Pasifik, dadap dimanfaatkan sebagai penahan angin.
Fungsi dan sifat dari tumbuhan ini sendiri yaitu bersifat pahit, mendinginkan serta membersihkan darah. Tumbuhan ini juga mempunyai manfaat yaitu sebagai Antipiretik
Antelmintik,Insektisida dan ekspektoran.


Daun dadap

Di Negara kita daun dadap mempunyai nama yang berbeda sesuai daerah masing masing seperti :

Sunda (Dadap blendung)
Jawa (Dadap ayam, Dadap laut)
Madura (Theutheuk)
Ternate (Galala kokotu)
Tidore (Lola kohori)

Sejak zaman dahulu tumbuhan ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kesehatan. Pemanfaatan yang sering dilakukan adalah sebagai obat tradisional penurun panas tubuh yang caranya dengan mengompreskan daun dadap ke seluruh tubuh yang sedang panas. Namun selain sebagai obat penurun panas, daun dadap juga mampu dijadikan obat tradisional alami berbagai penyakit dalam. Hal itu dikarenakan di dalam daun dadap terkandung berbagai zat yang berguna bagi pengobatan. Menurut penelitian dalam daun dadap terkandung zat yang terdiri dari:
  • Alkaloid
  • Eitramina
  • Hipaforina
  • Eritrina
  • Erisovina
  • Eritradina
  • Resin serta minyak lemak.
Pada umumnya bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, biji, akar, kulit dan getah yang terkandung di dalamnya.
Daun dadap berfungsi untuk mengobati :
  • Demam
  • Batuk
  • Disentri
  • Susah tidur
  • Melancarkan ASI
  • Obat kulit
  • Obat haid Dan radang.
Kulit Kayu daun dadap berfungsi untuk mengobati :
  • Demam
  • Asma
  • Patah tulang dan sakit pada.


Khasiat daun dadap

Berikut adalah 8 manfaat dan fungsi Daun Dadap Bagi Kesehatan Tubuh.
1. Obat Demam
Siapkan daun dadap secukuonya kemudian dipipiskan sampai halus. Setelah benar benarhalus gunakan daun dadap tersebut dengan cara mengkompreskan pada kening atau dibalurkan ke seluruh tubuh. Selain cara tersebut mengobati demam bisa juga diobati menggunakan kulit dari pohon dadap sendiri. Siapkan kulit dadap lalu diremas remas. Setelah itu campurkan pulosari serta adas secukupnya lalu diseduh menggunakan air panas. Saring serta minumlah ramuan tersebut selagi hangat sehari 2 kali.
2. Menyembuhkan Bengkak
Daun dadap juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati bengkak. Caranya lumayan gampang yaitu tumbuk halus beberapa helai daun dadap. Setelah itu tempelkan daun dadap yang sudah dihaluskan tersebut pada bagian tubuhyangbengkak lalu dibalut. Lakukan cara tersebut secara teratur sampai bengkaknya sembuh.
3. Melancarkan ASI
Ambil beberapa helai daun dadap muda lalu cuci bersih. Kemudian daun dadap tersebut diremas remas sampai halus dan diseduh menggunakan air panas. Saring dan biarkan hangat. Minumlah ramuan tersebut dengan aturan minum sehari 1 kali. Cara lainnya yaitu gunakan daun dadap yangmasih muda sebagai sayuran dan makan secara teratur.
4. Obat Reumatik
Reumatik memang suatu penyakit yang sangat menggangu. Jika kita terserang masalah reumatik aktifitaspun akan terganggu. Cobalah obati menggunakan daun dadap karena daun dadap diyakini mampu meringankan masalah reumatik. Caranya ambil daun dadap lalu panaskan diatas api sampai layu. Setelah itu tempelkan daun dadap tersebur tepat pada bagian yang terasa sakit. Pengobatan ini mampu meringankan reumatik.
Remaslah daun daadap sampai halus. Lalu tempelkan pada dahi. Lakukan cara tersebut beberapa kali.
5.Mencegah Keguguran
Jika anda mempunyai isrtri sering mengalami keguguran cobalah ramuan dari daun dadap. Ramuan ini diyakini mampu mencegah terjadinya keguguran. Daun dadap yang telah ditumbuk halus ditempelkan pada bagian perut. Lakukan pengobatan tersebut sehari 3 kali secara teratur.
6.melancarkan Haid
Caranya yaitu dibuat sebagai sayuran dan di minum setiap mau tidur.
7.Obat Nifas
Ibu yang melahirkan rentan terhadap nifas. Untuk mencegahnya obati menggunakan daun dadap. Caranya remas remas daun dadap sampai halus. Kemudian ditempelkan pada bagian perut dan balut dengan menggunakan .
Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi maka berdampak pula pada berbagai harga termasuk harga obat. Jadi untuk mengatasi hal tersebut cobalah beralih menggunakan obat tradisional alami. Selain nilai ekonomi murah juga efek yang ditimbulkan hampir tidak ada. Jagalah kesehatan kita sedini mungkin, karna kesehatan itu sangatlah mahal harganya.Dan untuk artikel sebelumnya mengenai tips dan kesehatan, anda dapat mengunjungi blog saya di Jendela Informasi

Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Daun dadap untuk demam anak"